14 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda yang Aman Untuk Janin dan Ibu | DaftarMenarik.Com

14 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda yang Aman Untuk Janin dan Ibu

DaftarMenarik.com - Tips berpuasa untuk ibu hamil muda akan diberikan secara khusus kepada Anda para ibu yang sedang hamil muda dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa. Bagi ibu yang sedang hamil muda, berpuasa merupakan kewajiban yang harus dijalani. Kewajiban tersebut tidak akan gugur selama ibu hamil masih mampu menjalani ibadah puasa. Bila mengalami mual dan juga sampai muntah yang berlebihan dan membuat kondisinya lemas, sebaiknya puasanya ditunda demi kesehatan ibu dan janin di kandungannya.

Baca Juga: Ga Mau Puasanya Merugi? Sebaiknya Hindari Hal-Hal Ini

Sepertinya menjalani ibadah puasa ketika sedang hamil memang merupakan hal yang berat. Banyak tantangan yang harus dihadapi. Maka dari itu sebelum menjalankan ibadah puasa, perlu melakukan konsultasi kepada dokter kandungan Anda. Bila sudah dirasa aman dan bisa menjalankan ibadah puasa, Anda juga perlu mengetahui tips berpuasa untuk ibu hamil muda yang aman bagi Anda dan janin Anda.

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda yang Aman Untuk Janin dan Ibu

Hukum Ibu Hamil Berpuasa Pada Bulan Ramadhan

Secara Umum Wanita menyusui dan wanita hamil itu memiliki dua kondisi Yang akan Membedakan Dalam Penentuan Hukum Boleh Atau Tidaknya Berpuasa Dibulan Ramadhan. nah silakan disimak Secara Baik Dibawah ini

1. Bumil mampu berpuasa dan tidak akan Menimbulkan pengaruh buruk Bagi Anak.

Dalam Keadaan ini Dipastikan Kalau sang Ibu Hamil tidak akan merasa kepayahan Yang Amat dan tidak juga khawatir Untuk Masalah kesehatan Janin kalau dia Menjalankan Puasa. Dalam Keadaan ini Maka ia wajib berpuasa dan tidak boleh berbuka di siang bulan ramadhan

2. Ibu Hamil khawatir terhadap kesehatan dirinya atau janin didalam kandungan

Jika ibu Hamil Merasa khawatir kalau berpuasa Maka dirinya akan sangat kepayahan dan membahayakan bayi Didalam Kandunganya Maka Puasa Saat Hamil Menjadi Boleh ditinggalkan Namun wajib mengqadha’ di hari-hari Lain Sebanyak Hari Yang ditinggalkannya tersebut. Dalam kondisi Kesehatan Seperti ini Maka Hukum yang utama baginya adalah berbuka, Akan Menjadi makruh Kalau berpuasa. BahkanAda sebagian ulama Yang menyebutkan: Ibu Hamil haram Berpuasa Kalau ia takut terhadap kesehatan anaknya.

Nah Sudah Tahu Kan Hukumnya Menjalankan Puasa Saat ibu Sedang Hamil? Kalau anda Tetap Ingin Berpuasa pastikan Baca Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil Dibawah ini:

Bagaimana cara berpuasa untuk Ibu Hamil Muda yang aman untuk kesehatan janin dan ibu?

Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka

Jika Anda termasuk ibu hamil yang tidak mengalami mual dan muntah, tingkatkan asupan gizi untuk menu sahur dan berbuka Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Komposisinya adalah 50% karbohidrat, 30% protein, 10-20% lemak. 
  1. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk membantu Anda dalam melancarkan BAB agar terhindar dari resiko wasir. 
  2. Selama berpuasa minumlah susu formula untuk ibu hamil. 
  3. Jangan makan makanan yang terlalu pedas
  4. Disarankan pula agar bumil tetap mengonsumsi protein hewani dari daging, ayam, ikan dan telur. 
  5. Selalu mengonsumsi suplemen yang diberikan dokter kandungan Anda serta perbanyak minum air putih.
  6. hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan lebih baik pilih karbohidrat berkualitas tinggi.
  7. Jangan terburu-buru ketika menyantap menu sahur. 
Selain memperhatikan menu-menu sahur, jangan lupa Anda juga tidak bisa seenaknya untuk mengonsumsi makanan berbuka. Menu yang disarankan untuk berbuka puasa bagi Anda yang sedang hamil muda, diantaranya :
  1. Pola makan 3 kali dalam sehari masih bisa Anda terapkan meski sedang puasa. Caranya dengan mengonsumsi roti, puding, atau camilan sehat di awal buka puasa. Setelah sholat tarawih, Anda bisa makan makanan berat seperti nasi, sayur, lauk, atau makanan berat lainnya. 
  2. Sebaiknya jangan mengonsumsi es ketika berbuka puasa. Karena minuman dingin akan menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Untuk menjaga kesehatan ibu dan anak tetap terjjaga awalilah buka puasa dengan mengonsumsi makanan yang hangat dan manis. 
  3. Ketika berbuka puasa, jangan langsung makan makanan berat. Hal ini dilakukan untuk menjaga sistem pencernaan supaya tidak dipaksa untuk bekerja keras setelah beristirahat selama berpuasa. 
  4. Perbanyak konsumsi air putih pada saat Malam hari juga dapat membantu Ibu hamil saat menjalankan Ibadah puasa keesokan harinya.
  5. Saat hamil, kesehatan fisik ibu jelas terganggu. Untuk itu pastikan konsultasi dengan dokter apabila Anda hendak menjalankan ibadah puasa saat sedang hamil. 
  6. Hindari stres sebisa mungkin dan istirahat cukup sehingga masih dapat mengikuti ibadah puasa dengan nyaman.
  7. Problem puasa bumil ini biasanya akan semakin pelik apabila bumil menderita komplikasi penyakit, misalnya seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal dan hati, diabetes, menderita asma, atau mengandung bayi kembar. Nah, untuk kasus khusus semacam ini ada baiknya agar Anda benar-benar meminta pantauan dari dokter dan pemeriksaan khusus sehingga memungkinkan Anda untuk ikut berpuasa atau tidak.
Editor Pick:

Batalkan Puasa Anda Jika Mengalami

  • Mengalami Muntah-muntah Yang sering lebih dari 3 kali dan disertai Mencret / diare + rasa mulas dan melilit Yang Amat
  • Terjadi mimisan ( keluar darah Lewat Hidung ) karena pembuluh darah pecah
  • Mengalami Lemas, pusing Yang Amat dan diikuti dengan mata berkunang-kunang. Hal ini menandakan Kalau anda Mengalami hipoglikemia. Segeralah Berbuka karean dikhawatirkan Bayi anda mengalami kekurangan gizi
  • Mengeluarkan keringat berlebih apalagi kalau yang keluar keringat dingin ini menandakan bahwa tubuh ibu hamil dalam kondisi abnormal dan sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa maka sebaiknya berbukalah
Itulah beberapa tips berpuasa untuk ibu hamil muda supaya kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan tetap terjaga. Persiapkan diri minimal sebulan sebelum Bulan Ramadhan tiba. Jangan paksakan diri untuk berpuasa jika kondisi ibu hamil memang benar-benar tidak mampu. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "14 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda yang Aman Untuk Janin dan Ibu"

Post a Comment