10 Destinasi Wisata Tersembunyi di Bandung dan Jawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi | DaftarMenarik.Com

10 Destinasi Wisata Tersembunyi di Bandung dan Jawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

DaftarMenarik.com - Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki tempat wisata yang lengkap dari mulai pantai, gunung, hutan tropis, air terjun, danau, sungai hingga wisata budaya dan kuliner pun dapat ditemukan di Bumi Pasundan ini. Kota Bandung yang sejatinya berstatus sebagai Ibukota provinsi ini malah menjadi pusat wisata Jawa Barat dengan berbagai pesona wisata yang sudah dikelola dengan baik. Masalah utama berwisata di Bandung adalah kemacetan yang cukup parah apalagi jika akhir pekan tiba.

Sebagai alternatif, anda bisa menemukan tempat wisata bagus lainnya di kota-kota lain yang jaraknya tidak jauh dari Bandung. Kota-kota seperti Garut, Sumedang, Majalengka, Sukabumi, Subang, Tasikmalaya dan Pangandaran menjadi pilihan alternatif yang baik karena di kota-kota tersebut terdapat banyak tempat wisata alam yang tak kalah bagusnya dengan yang ada di Bandung.

Untuk yang penasaran, kami akan mengulas beberapa tempat wisata di Bandung dan Jawa Barat pada artikel ini. Daftar tempat wisata dibawah ini memang akan terasa asing di telinga anda karena lokasinya cukup tersembunyi. Namun kami menjamin tempat-tempat ini akan menghadirkan suasana berwisata yang tak kalah kerennya dengan tempat-tempat yang sudah banyak dikenal.

    Tempat Wisata Tersembunyi di Bandung dan Jawa Barat    


Inilah 10 Tempat wisata tersembunyi di Bandung dan Jawa Barat :

  1.   Pantai Rancabuaya, Garut 


Garut selatan menjadi primadona wisata pantai yang jaraknya relatif dekat dari Bandung. Meski tidak sepopuler pantai pangandaran, namun pemandangan di beberapa pantai di garut selatan ini tidak kalah bagusnya. Salah satu pantai yang memiliki pemandangan bagus adalah pantai rancabuaya. Pantai ini terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut. Pantai Rancabuaya ini memiliki karakter pantai berkarang dan terdapat dermaga ikan yang sudah ada sejak dulu.

Jika anda berangkat dari Bandung, anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan sepanjang perjalanan karena akan melewati daerah Pangalengan yang didominasi dengan kebun teh di kanan dan kiri jalan. Pantai ini belum banyak diketahui banyak wisatawan karena memang pengelola masih kurang gencar melakukan promosi padahal untuk fasilitas disini sudah lumayan lengkap dari mulai hotel, penginapan, toilet umum, dan fasilitas umum lainnya.

   2   Curug Luhur, Bogor


Curug atau Air terjun menjadi tempat yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Di tempat ini anda bisa melepas penat dengan menikmati jatuhan air dan udara segar di sekitarnya. Curug Luhur ini bisa jadi destinasi yang tepat karena letaknya yang relatif dekat dari ibukota Jakarta. Curug ini terletak di kaki gunung salak tepatnya di kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Meski letaknya di kaki gunung, akses menuju ke lokasi ini relatif mudah karena jalanan cukup mulus dan sudah beraspal hotmix. 

Keistimewaan curug ini adalah debit airnya yang tidak pernah surut meskipun sedang dilanda musim kemarau. Karena lokasinya yang berada di hutan hujan tropis membuat persediaan air di tempat ini cukup melimpah. Yang pasti udara di lokasi ini masih sangat asri dan alami karena di sekitar curug ini ditumbuhi banyak pepohonan rindang.

  3.  Situ Patenggang, Kab.Bandung


Situ Patenggang menjadi tempat wisata andalan kabupaten Bandung khususnya di daerah selatan. Berada di Kecamatan ciwidey membuat udara di danau ini sangat sejuk. Jika anda berkunjung ke Kawah putih, tak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan ke Situ Patenggang ini karena jaraknya cukup dekat dari kawah putih dan Pemandian air panas Cimanggu di Ciwidey. Akses jalan menuju ke lokasi ini pun sudah bagus dan pengelolaan tempat wisatanya sudah semakin baik.

Pepohonan pinus yang mengelilingi situ ini membuat anda akan merasa nyaman berlama-lama di tempat ini. Beberapa waktu lalu Situ Patenggang ini telah mengalami renovasi besar-besaran agar menjadi tempat wisata yang lebih lengkap lagi sehingga menarik minat pengunjung. Sekarang, fasilitas yang tersedia di situ patenggang setelah renovasi cukup lengkap. mulai dari kamar mandi dan toilet yang terawat. Penambahan beberapa penginapan dan hotel murah dengan berbagai fasilitas. Penambahan beberapa wahana permainan anak.

  4   Tebing Citatah, Padalarang, Kab. Bandung Barat


Tebing Citatah yang berlokasi di Padalarang, Kab.Bandung Barat ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk anda yang menyukai tantangan. Tempat wisata ekstrim ini berupa tebing batu kapur tinggi yang menjulang keatas dengan berbagai macam tingkat ketinggian. Selain menguji fisik, tempat ini menyajikan pemandangan yang menakjubkan dimana disekelilingnya kita bisa menikmati hamparan pegunungan yang masih ditumbuhi pepohonan yang rindang. Tempat ini juga menjadi spot yang bagus untuk menikmati sunset.

  5   Cukang Taneuh, Pangandaran (Green Canyon)


Pangandaran memang sudah dikenal sebagai kawasan wisata populer di Jawa Barat. Namun, banyak orang hanya mengenal Pangandaran sebagai wisata pantai saja padahal jika mau mengeksplore banyak tempat wisata menarik lainnya yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran. Salah satu tempat indah di Pangandaran adalah Cukang Taneuh atau lebih dikenal dengan nama Green Canyon. Di tempat ini anda bisa berpetualang menyusuri aliran sungai yang hijau dan jernih dengan menggunakan pelampung atau perahu karet.

Selama berpetualang anda akan disuguhkan pemandangan berupa dinding-dinding batu yang terpahat secara alami dan dihiasi tanaman-tanaman hijau mirip lumut. Untuk menikmati paket wisata menyusuri sungai disini anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 200ribu yang sudah termasuk makan, transportasi dan pemandu. Green Canyon ini terletak di Kertayasa, Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.

  6   Gunung Papandayan


Wisata gunung atau biasa disebut dnegan istilah nanjak saat ini sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Namun untuk mendaki ke gunung diperlukan skill dan fisik yang terlatih sehingga tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Namun jika anda masih pemula sebagai pendaki, Gunung Papandayan yang berlokasi di Garut ini bisa menjadi pilihan karena untuk mencapai puncak hanya memerlukan waktu tracking selama 2 jam. Disini juga bisa berkemah ria dengan aman karena sudah disediakan area khusu berkemah.

Satu hal yang menakjubkan di tempat ini adalah terdapat taman eidelweis yang sangat luas. Tempat ini lebih dikenal dengan Tegal Alun. Di tempat ini anda bisa melihat hamparan bunga abadi sambil menikmati sunrise. So, segera masukkan Gunung Papandayan kedalam kalender wisatamu dari sekarang.

  7   Gunung Galunggung, Tasikmalaya


Gunung Galunggung menjadi simbol dan ikon Tasikmalaya pasalnya ini adalah gunung api terbesar yang masih aktif di Jawa barat. Pada Tahun 1982 silam, Gunung Galunggung ini pernah meletus hebat dan membuat warga sekitar mengungsi. Saking hebatnya letusan itu bahkan abunya sampai ke wilayah Australia dan Selandia Baru. Namun, selalu ada hikmah dibalik bencana, hikmah yang bisa diambil dari letusan 34 tahun lalu adalah sebuah danau indah di puncak gunung. 

Untuk menikmati pemandangan danau dari dekat, perlu perjuangan yang memakan waktu dan tenaga pasalnya anda harus menaiki 361 anak tangga dan harus menuruni kurang lebih 200 tangga kecil. Namun rasa lelah yang anda rasakan akan hilang seketika saat melihat keindahan danau. Di sekitar danau pun anda bisa mendirikan tenda untuk berkemah. 

  8    Perkebunan Teh Pangalengan, Bandung Selatan




Pangalengan merupakan sebuah daerah yang berada di sebelah selatan Bandung dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Garut. Kontur daerah pangalengan ini adalah perbukitan sehingga berhawa sejuk dan banyak terhampar perkebunan teh yang indah. Pemandangan dan udara yang masih asri membuat anda akan merasa nyaman berlama-lama ada disini. 

Selain kebun teh dan bukit nan indah, di Pangalengan juga terdapat Situ atau danau yang dinamakan Situ Cileunca. Mirip dengan Situ patenggangnya ciwidey, situ cileunca ini salah satu danau yang berada di ketinggian. Karena letaknya yang di perbukitan otomatis udara disini sangatlah menusuk tulang untuk itu disarankan membawa jaket tebal jika berkunjung ke Pangalengan.

  9   Bukit Panyaweuyan Argapura, Majalengka



Sistem pertanian terasering selalu menghadirkan pesona yang luar biasa cantiknya. Seperti di Majalengka ini ada satu tempat yang petaninya menggunakan sistem terasering untuk tanaman bawang. Tempat ini berada di perbukitan di daerah Panyaweuyan, Kecamatan Argasari, Majalengka. Panorama dari bukit Panyaweuyan benar-benar akan memuaskan dahaga dan pehobi fotografi. Betapa tidak, pesona terasering Argapura yang merupakan warisan leluhur begitu cantik dilihat.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari  Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka ini anda dianjurkan untuk mengunjunginya pada pagi hari sebelum matahari terbit atau saat sore hari saat matahari akan terbenam.

  10   Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya 


Pantai Karang Tawulan ini berada di Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan tepatnya di Kecamatan Cikalong. Sesuai namanya, pantai ini terhampar karang-karang yang indah dengan arus laut selatan yang deras. Keindahan ombak yang menerjang karang menjadi spot yang baik untuk mengambil foto. Keindahan karang-karang tersebut dapat dinikmati dari bukit yang beralaskan rumput hijau nan indah.


Selain itu, anda juga bisa bermain-main di bibir pantai yang berada tepat dibawah bukit rumput. Sore hari sebelum matahari terbenam menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini. Pasalnya disini menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise.

Nah, itulah 10 destinasi wisata tersembunyi di Bandung dan Jawa Barat yang wajib anda kunjungi. Dulu tempat-tempat diatas memang belum banyak dikenal karena kurangnya media promosi dan publikasi, namun seiring dengan kemajuan teknologi, tempat-tempat tersebut sangat mudah dipromosikan melalui media sosial. So, selamat berlibur guys dan tetap jaga kebersihan jika sedang berlibur ke tempat wisata.
0 Komentar untuk "10 Destinasi Wisata Tersembunyi di Bandung dan Jawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi"

Post a Comment