10 Tempat Wisata Tersembunyi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi | DaftarMenarik.Com

10 Tempat Wisata Tersembunyi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

DaftarMenarik.com – Jika anda mendengar kata Yogyakarta pasti akan langsung teringat dengan Malioboro, Borobudur atau Prambanan. Padahal sebenarnya 2 tempat terakhir yang disebutkan tidak benar-benar ada di Yogyakarta. Candi Borobudur  terletak di Kota Magelang, karena jaraknya yang dekat dengan Yogyakarta jadi banyak orang menganggap jika Candi terbesar di dunia itu terletak di Yogyakarta. Begitupun dengan Candi Prambanan yang wilayahnya terbagi menjadi dua yakni sebagian masuk ke Yogyakarta dan sebagian lagi masuk ke Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

Lalu, apa saja tempat wisata yang benar-benar berada di wilayah Yogyakarta ? Nah, untuk lebih jelasnya DaftarMenarik.com akan merangkum 10 tempat wisata tersembunyi di Yogyakarta seperti dibawah ini :

    Tempat Wisata Tersembunyi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi    


  1.  Puncak Kosakora

Puncak Kosakara merupakan tempat wisata paling hits di Yogyakarta saat ini. Tempat ini terletak di wilayah Gunung Kidul, untuk mencapai tempat ini anda harus melewati tempat wisata lain yakni Pantai Drini. Dari puncak Kosakara anda bisa melihat keindahan yang luar biasa berupa pemandangan pantai, laut, dan perbukitan. Tempat ini juga merupakan spot terbaik di Yogya untuk melihat Sunset dan Sunrise.

Untuk masuk ke tempat ini anda hanya akan dikenakan biaya Rp.2.000,- per orang. Untuk kalian yang suka camping, di tempat ini juga disediakan penyewaan tenda dengan kisaran harga yang cukup terjangkau. Untuk tenda kecil, anda hanya perlu merogoh kocek Rp.60.000,- per malam sedangkan untuk yang besar anda dipungut biaya sebesar Rp.100.000,- per malam.

  2.  Kebun Buah Mangunan



  
Jika dideskripsikan, Kebun buah mangunan ini merupakan tempat wisata alam yang mengedukasi. Ya, datang kesini anda akan menambah wawasan tentang ratusan macam pohon buah dengan suguhan pemandangan alam yang luar biasa. Dari kebun buah ini anda bisa melihat pemandangan indah sungai Oya dari ketinggian dan membuat anda merasa berada di negeri diatas awan jika anda datang saat sunrise . 

Kebun Buah Mangunan ini terletak di Mangunan,Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari pusat kota Bantul anda akan menempuh jarak 15 Km sedangkan dari Kota Yogyakarta anda akan menempuh 35 Km untuk mencapai kebun buah mangunan. Jarak yang cukup dekat untuk bisa melihat pemandangan yang luar biasa ini.

Untuk yang dari luar kota, disini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas homestay, penginapan dan fasilitas umum lainnya.

  3.   Desa Kedung Miri


Desa Kedung Miri ini menjadi daya tarik wisata terbaru di Yogyakarta. Di desa ini anda bisa melihat spot-spot luar biasa berupa pemandangan perbukitan yang masih hijau, barisan pohon yang masih asri dan sungai oya yang cantik. Tak hanya itu, disini juga ada satu spot favorit bagi wisatawan untuk berfoto ria yaitu jembatan gantung dari kayu yang membelah sungai oya.

Pemandangan dan keasrian desa Kedung Miri ini ternyata bisa dinikmati secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun untuk datang ke tempat ini. Namun, jika anda ingin menikmati lebih lama dan bermalam disini, anda bisa menginap di rumah penduduk dengan bayaran seikhlasnya dan juga bisa mendirikan tenda dengan catatan harus minta izin ke penduduk setempat.

  4.  Pantai Ngandong


Yogyakarta bagian selatan atau lebih tepatnya di daerah Gunung Kidul memang dikenal dengan wisata pantainya yang indah. Beberapa pantai yang menjadi daya tarik banyak wisatawan adalah pantai parangtritis, Pantai Barong, Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak. Namun, tahukah anda jika disini masih ada pantai yang tak kalah bagusnya dari pantai-pantai yang disebutkan sebelumnya. Nama pantai ini adalah Pantai Ngandong

Kelebihan Pantai Ngandong adalah terletak pada air lautnya yang jernih. Bahkan saking jernihnya anda bisa melihat ikan-ikan berenang dengan mata telanjang. Ditambah dengan pasirnya yang berwarna putih akan menambah kekaguman kalian dengan pantai ini. Jangan lupa jaga kebersihan yah jika akan berkunjung ke pantai ini.

  5.  Goa Pindul


Gunung kidul ini memang surganya provinsi Yogyakarta karena tak hanya memiliki pantainya yang indah dan cantik, disini juga terdapat tempat wisata yang bernama Goa Pindul. Untuk menyusuri Goa ini, anda bisa berkeliling dengan menggunakan cave tubing menyusuri sungai yang jernih. Karena medannya yang cukup mudah, jadi tidak perlu keahlian khusus untuk menyusuri Goa ini. Selain itu, anda juga akan merasa tenang karena selama penyusuran akan dipandu oleh Guide berpengalaman.

Goa pindul ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan goa sekitar 4 meter dengan kedalaman air 5-12 meter. Untuk menikmati keindahan goa sepanjang 350 meter ini memang satu-satunya cara dengan cave tubing karena lebar goa yang tidak memungkinkan untuk menggunakan perahu karet atau kapal kecil.

  6.   Taman Pelangi


Selain wisata alam, di Yogyakarta juga terdapat wisata di tengah kota yakni berupa taman yang indah. Taman Pelangi ini terletak di pusat kota atau lebih tepatnya di Monumen Jogja Kembali (Monjali). Untuk berkunjung ke Taman Pelangi ini anda dianjurkan untuk datang pada malam hari. Pada malam hari taman ini akan dihiasi dengan berbagai lampion yang memiliki cahaya warna-warni dan lebih menyerupai pelangi. Cuma disini anda bisa melihat pelangi di malam hari.

  7.   Desa Wisata Nglinggo


Wisata kebun teh memang identik dengan daerah puncak, bandung, garut dan beberapa daerah di jawa timur. Namun, tahukah anda jika Yogyakarta pun punya wisata kebun teh tepatnya di desa wisata Nglingo yang terletak di Kulonprogo. Untuk masuk ketempat ini anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp.2000;- per orang. 



Menyusuri Desa Nglingo anda akan disuguhi dengan hamparan kebun Teh diatas ketinggian 900-1000 mdpl. Tak hanya melihat keindahan kebunnya saja, disini juga anda bisa menikmati teh sangit yang menjadi minuman khas dari desa ini. Teh sangit ini memiliki aroma yang lain dari yang lain, aroma asap sangat menonjol pada teh ini karena proses pembuatannya dengan cara disangrai secara tradisional. 

  8.   Green Village Gedangsari


Satu lagi wisata alam pedesaan yang membuat anda terkagum-kagum dengan keindahan alam Yogyakarta dan sekitarnya yaitu Green Village Gedangsari. Wisata pedesaan ini memang menjadi pilihan wisata yang cocok untuk anda dan keluarga karena termasuk kedalam wisata yang murah meriah. Untuk masuk ke tempat ini anda tidak dipungut biaya masuk, hanya dikenakan biaya parker kendaraan saja.

Meski gratis, desa wisata gedangsari ini menyuguhkan keindahan alam perbukitan hijau yang luar biasa. Untuk pecinta fotografi, tempat ini bisa menjadi spot yang sangat bagus untuk menghasilkan karya foto yang baik. Disini juga anda bisa menikmati sunset dan sunrise yang tak kalah bagusnya dengan Kebun buah mangunan dan gunung Merapi.

  9.  Air Terjun Sri Gethuk


Gunung kidul ini memang benar-benar surga bagi provinsi Yogyakarta dan sekitarnya. Beruntunglah bagi kalian yang tinggal di kabupaten ini. Setelah tadi kita dikagumkan dengan pantai, bukit dan goa, kini ada tempat wisata yang tak kalah indahnya di kawasan Gunung kidul yakni air terjun sri gethuk. Air terjun disini cukup unik dan langka karena air mengalir turun kebawah melalui bebatuan karst.

Tebing karst yang membentuk undakan-undakan membuat keindahan air terjun ini semakin sempurna. Untuk menikmati keasrian udara dan keindahan air terjun ini anda cukup membayar tiket masuk seharga 35ribu per orang. Tiket ini bisa juga digunakan untuk akses masuk ke Goa Rancang Kesono yang berada dekat dengan air terjun ini. 

  10.   House of Raminten




Tak hanya wisata alam yang menakjubkan, di Yogyakarta ini juga terdapat banyak tempat wisata kuliner yang unik, nyaman dan tentunya sajian makanan yang enak. Salah satunya adalah House of Raminten, mengusung konsep tradisional, unik dan antik membuat tempat ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke jogja. 
 

Sejak awal masuk ke tempat ini anda akan mulai menemukan keunikan dari pelayan yang menggunakan kemben dan pakaian jawa serta diiringi music gamelan. Tak hanya sampai disitu keunikannya, anda akan menemukan keunikan lainnya pada menu makanan dan cara penyajiannya.

Beberapa makanan dan minuman dengan nama nyeleneh dan unik  tersedia disini seperti wedang gajah ndekem, es melonkolis, ayam koteka, bubur kelasworo, cunduk raminten dan masih banyak yang lainnya. Penasaran kan ? Langsung saja datang ke lokasi yang beralamat di Jl. FM Noto No 7, Kotabaru, Yogyakarta. 

Demikian ulasan informasi tentang 10 tempat wisatatersembunyi di Yogyakarta. Kota yang dikenal dengan oleh-oleh gudeg dan bakpia ini memang selalu membuat kangen para wisatawan. Selain wisatanya yang beragam dan indah, Yogyakarta ini merupakan kota yang ramah bagi wisatawan. Tak heran jika banyak traveler yang selalu ingin kembali ke kota ini. Mungkin anda juga termasuk yang kangen dengan Yogyakarta ? Segera rencanakan liburan akhir tahun ini ke Yogyakarta dan sekitarnya. Selamat Berlibur!!!
0 Komentar untuk "10 Tempat Wisata Tersembunyi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment