10 Tempat Wisata Tersembunyi di Bogor yang Wajib Dikunjungi | DaftarMenarik.Com

10 Tempat Wisata Tersembunyi di Bogor yang Wajib Dikunjungi

DaftarMenarik.com - Kota dan Kabupaten Bogor dikenal sebagai daerah yang memiliki tempat wisata alam terbaik dan udaranya masih sejuk meski jaraknya dekat ke Ibukota Jakarta. Salah satu kawasan wisata terkenal dan selalu disesaki pengunjung setiap harinya adalah kawasan Puncak yang menyuguhkan pemandangan pedesaan yang sejuk dan keindahan hamparan kebun teh. Namun, tahukah anda jika Bogor masih memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang indah namun belum banyak orang yang mengetahuinya.

Penasaran dengan tempat wisata bogor yang tersembunyi tersebut ? Berikut kami sajikan 10 tempat wisata Bogor yang tersembunyi :

    10 Tempat Wisata Tersembunyi di Bogor Yang Wajib Dikunjungi    


  1.   Leuwi Lieuk


Tempat wisata yang berlokasi di sentul cibadak, pabuaran, kabupaten bogor ini menjadi primadona bagi masyarakat. Kejernihan air sungai yang dihimpit bebatuan besar membuat para wisatawan betah berlama-lama disini untuk sekedar berenang menyusuri setiap sudut sungai. Kontur sungai dan lokasi tempat wisata ini mirip Green Canyon yang ada di Pangandaran, Jawa Barat. 

Untuk sampai ke sini, Anda harus menyiapkan tenaga karena mesti berjalan menanjak ditambah lagi harus berhati-hati karena tekstur tanah yang cukup licin.

  2    Situ Gede


Situ Gede menjadi lokasi yang cocok untuk wisata bersama keluarga karena letaknya yang cukup mudah untuk diakses dan di sekitar lokasi Situ banyak tempat saung-saung untuk "Botram" bersama keluarga dan kerabat. Disini juga anda bisa berkeliling situ dan melihat bendungan besar khas dari Situ ini dengan menggunakan perahu yang disewakan dengan harga 20ribu perorang.

Udara di lokasi ini masih asri dan segar karena masih dikelilingi hutan dengan pepohonan lebat. Disini juga anda bisa memancing ikan secara gratis.

  3.   Taman Nasional Gunung Halimun















Jika anda ingin menikmati paket wisata lengkap dalam satu lokasi, Taman Nasional Gunung Halimun menjadi tujuan yang tepat. Disini tersedia beberapa paket wisata diantaranya paket wisata pendakian, paket wisata alam/ekowisata, paket wisata budaya atau sekedar camping di hutan yang masih terjaga keasriannya. Ekosistem disini sangat dijaga dan dilindungi sehingga masih bisa menemukan hewan-hewan dan tumbuhan langka.


Luas area ini tercatat 113.357 hektare dimana didalamnya terdapat lebih dari 500 spesies tumbuhan yang tergolong dalam 266 generasi dan 93 suku dan tempat bermukimnya 200 spesies burung migram maupun endemik. Untuk wisata budaya, ada sebuah desa yang masih memegang teguh kebudayaan sunda leluhur yaitu adat kasepuhan.






  4   Curug Bidadari





Curug Bidadari, dari namanya saja sudah terbayang bagaimana indahnya tempat ini. Sebuah tempat wisata curug yang ada di Kabupaten Bogor ini memang menjadi lokasi favorit untuk berwisata pasalnya selain keindahan curug yang mempesona, pengelolaan tempatnya pun sudah sangat baik karena dikelola oleh pihak swasta. Berbeda dengan curug lainnya yang cenderung harus melewati jalan terjal untuk sampai ke curug, disini pengelola mempermudah akses dengan dibangunnya jembatan kayu menuju curug yang berada dibalik dua batu purba besar. Karena sudah dikelola swasta, untuk masuk kesini dikenai biaya tiket yang cukup mahal yaitu 25rb di hari biasa dan 40rb di akhir pekan.


  5   Taman Wisata Matahari, Cisarua



Taman Wisata Matahari yang berlokasi di Cisarua ini merupakan tempat wisata yang lengkap dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di taman ini ada beberapa pilihan wisata seperti wisata petualangan berupa wahana menantang arung jeram, wisata air berupa kolam renang dengan berbagai wahananya dan juga ada wisata edukasi untuk anak-anak seperti belajar bercocok tanam di sawah, menangkap ikan dan berkebun.




Udara yang sejuk karena masih berlokasi di daerah puncak menjadikan tempat wisata ini sangat lengkap dan nyaman. Disini juga fasilitasnya sudah sangat lengkap seperti penginapan hotel dan villa yang cukup mudah ditemui.

  6   Danau Dora, Cibinong


Danau Dora memang tak se-populer tempat wisata lain di Bogor, namun lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi karena aksesnya yang mudah dan dekat dari pusat pemerintahan daerah Bogor. Danau dora ini berada di Jl. Raya Bogor Km. 46 atau hanya berjarak 500 meter dari pintu gerbang Pemda Bogor. Danau ini merupakan taman konservasi alam yang menjadi bagian perluasan Kebun Raya Bogor, dan menjadi tujuan tempat wisata murah di Bogor. Sering dijadikan tempat olah raga dipagi atau sore hari. Ekologi Park atau yang lebih dikenal dengan nama Danau Dora ini sudah dibangun sejak tahun 2002.

Konon penamaan danau ini terinspirasi dari serial animasi "Dora The Explorer". Dulu saat pembangunan awal, di taman atau kebun ini banyak sekali anak-anak kecil yang sedang bermain sambil membawa Boneka Dora. Dora sendiri diceritakan adalah seorang gadis kecil yang sering menjelalah dan membantu mencari tahu sesuatu yang mereka butuhkan bersama hewan bernama Booths dengan menggunakan Peta. Dari situ tercetuslah Ecologi Park ini dengan sebutan Danau Dora.


  7   Curug Nangka


Curug Nangka ini berlokasi di daerah ciapus, Bogor. Berada di kaki gunung Bunder, membuat lokasi ini belum banyak diketahui banyak wisatawan. Untuk mencapainya anda memerlukan waktu kurang lebih 45 menit dari Kota Bogor. Keistimewaan curug ini ada pada umpakan curug yang indah dengan ketinggian yang berbeda di setiap umpakannya. Udara di sekitar curug pun masih asri karena dikelilingi pepohonan besar. Air yang mengalir di curug sangat jernih karena langsung bersumber dari mata air gunung bunder. Untuk masuk ke curug, anda dikenakan biaya yang cukup murah yaitu Rp. 4.000/orang.

  8   Gunung Pancar, Citeureup



Gunung Pancar yang berada di daerah citeureup ini memiliki ketinggian yang cukup rendah yaitu 800 meter diatas permukaan laut. Ditempat ini anda bisa mendirikan tenda untuk camping. Udara disini cukup sejuk karena didominasi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi. Untuk anda yang hobi gowes, Gunung Pancar ini sangatlah cocok karena track nya sangat enak dilalui dan sebagian besar sudah beraspal. Namun untuk gowes kesini siapkan fisik yang prima karena jalurnya didominasi tanjakan.

  9   Agro Gunung Mas, Puncak


Agro Gunung Mas menyajikan keindahan hamparan kebun teh yang luas dan memanjakan mata. Di tempat wisata ini anda bisa mengambil foto dengan objek perkebunan teh dan jika di pagi hari, banyak petani yang sedang memetik teh. Suasana alam dan pedesaan disini masih sangat alami dan cocok untuk anda yang menghabiskan waktunya di perkotaan.

Untuk melengkapi pengalaman berwisata alam, disini juga menyediakan penyewaan kuda sebagai kendaraan anda mengelilingi setiap sudut kebun teh yang terhampar luas.  

  10   Pemandian Air Panas Ciparay




Berendam di air panas alami menjadi pengalaman yang menarik untuk sekedar memanjakan badan dari kelelahan akibat rutinitas sehari-hari. Kolam pemandian air panas ciparay ini menyediakan fasilitas untuk relaksasi badan anda. Air panas yang langsung disalurkan dari Gunung Salak ini memang cukup menyehatkan badan namun karena kandungan belerang yang cukup tinggi, anda disarankan tidak berendam terlalu lama. Waktu yang aman untuk berendam disini adalah 15 menit.


Selain berendam di kolam, anda juga bisa menikmati air panas langsung dari sungainya yang mengalir cukup jernih. Disini juga anda bisa bersantai di tepian kolam karena sudah disediakan saung-saung tradisional. Sambil menikmati hawa pegunungan, anda juga bisa memesan kopi atau makanan berat yang tersedia di warung-warung di sekitar kolam.

Nah, itulah 10 tempat wisata tersembunyi di Bogor yang wajib anda kunjungi. Menjelang liburan panjang di akhir tahun ini tak ada salahnya jika anda memasukkan tempat wisata diatas kedalam list liburan bersama keluarga tercinta. Selamat Berlibur
 


0 Komentar untuk "10 Tempat Wisata Tersembunyi di Bogor yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment